Artikel Bisnis


Meraih Kesuksesan Bekerja Sebagai Pebisnis



maknakerjaKali ini saya mengupas masalah tentang sebuah pekerjaan yaitu pekerjaan sebagai pebisnis. Lho kok pebisnis sebagai pekerjaan? Ya iya, kan pebisnis juga bekerja dalam menjalankan bisnis dan usaha yang dijalankannya. Tidak ada seorang pebisnis yang tidak bekerja sama sekali, kalau ada berarti bukan pebisnis tapi pengangguran…he..he..he..
Pekerjaan yang dilakukan seorang pebisnis bukan seperti yang dilakukan oleh seorang karyawan atau pegawai, namun pekerjaan dalam mengelola atau memanage bisnis dan usaha yang dijalankannya. Mengelola mengharuskan seorang pebisnis bekerja, namun bekerja atas dan untuk bisnis dan usahanya sendiri. Bukan untuk orang lain.
Nah…pertanyaan menarik yang sering muncul dalam keseharian adalah, “Apakah kerja itu? Mengapa kita harus bekerja, dan bagaimana kerja kita memberi hasil terbaik?”
Kerja merupakan suatu usaha yang dilakukan secara individu maupun bersama-sama untuk menghasilkan sesuatu baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan hasil positif bagi yang mengerjakannya. Inti dari kerja disni adalah Effort ( Usaha ). Jadi saat kita mengklaim bahwa kita bekerja, maka terlihat nyata adanya usaha untuk mewujudkan kerja tersebut.
Usaha dalam mengerjakan sesuatu sering diartikan kerja yang sungguh-sungguh. Ada pengorbanan, tidak selalu memperoleh yang terbaik dan diharapkan, namun menikmati proses yang terbaik beserta pengalaman yang bisa diambil dari pekerjaan atau usaha yang kita lakukan. Kerja yang sungguh-sungguh bukan berarti bekerja keras ( Hard Work ), namun bekerja cerdas ( Smart Work ) berlandaskan keseimbangan hidup ( Balance life ). Inilah kunci untuk meraih kesuksesan sebagai pebisnis.
Ada tiga hal penting yang diperlukan agar harapan untuk meraih kesuksesan dapat tercapai adalah bekerja keras dan cerdasketekunan dan akal sehat. Segala sesuatu dapat dihasilkan dengan baik pada orang-orang yang terus bekerja dan berusaha sambil mencari dan memanfaatkankesempatan.
Sukses dalam kerja bukan dilihat dari berapa banyak uang yang diperoleh. Sukses dalam kerja juga bukan dilihat dari seberapa tinggi target yang telah dicapai. Jika bekerja semata-mata untuk uang dan target, maka hal ini dikhawatirkan akan menurunkan nilai hidup yang dijalani. Sukses dalam bekerja berarti sukses menjalani apa yang sedang dikerjakan baik dalam suka maupun duka. Bukankah sukses merupakan sebuah perjalanan? Bekerja dengan mengikuti rel kesuksesan orang lain ( Mee Too Product ) belum merupakan suatu sukses. Kesuksesan dimulai ketika kita memulai sesuatu dan menjalaninya dengan perbedaan.
John Sifonis mengatakan “Different isn’t always better but the best is always different.” Akhirnya dengan bekerja cerdas berlandaskan kemurnian hati dan akal sehat yang proporsional kita dapat mewujudkan kesuksesan yang optimal.